Minggu, 14 Februari 2021

Pengertian, Ciri-ciri, Struktur, dan Contoh Teks Eksplanasi

Penjelasan teks adalah teks yang berisi proses mengapa dan bagaimana peristiwa alami, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, dan lainnya dapat terjadi.


Acara alami dan sosial yang terjadi di sekitar kita, selalu memiliki hubungan sebab akibat dan proses.


Melalui teks penjelasan, setiap peristiwa yang terjadi di sekitar kita tidak hanya diamati dan dirasakan, tetapi juga digunakan sebagai pembelajaran.


Ini untuk mencari tahu mengapa insiden itu dapat terjadi. Jadi, tujuan dari teks penjelasan adalah untuk menjelaskan fenomena yang terjadi dan menjelaskan penyebab suatu peristiwa.


Dalam teks penjelasan berisi fakta yang diselesaikan secara berurutan dan hubungan sebab akibat. Jadi, teks penjelasan dapat bermanfaat untuk memperkuat kebenaran.


Mungkin itu penjelasan singkat tentang pemahaman teks penjelasan. Untuk mengetahui dan memahami lebih dan jelas tentang teks penjelasan, dapat membaca karakteristik, struktur, misalnya.


Berikut ini adalah ringkasan karakteristik, struktur, aturan untuk contoh-contoh teks penjelasan, seperti yang dilaporkan oleh Halaman ClassPintar, Rabu (9/9/2020).


Karakteristik teks penjelasan

1. Struktur terdiri dari wahyu umum, urutan kausal, dan interpretasi.

2. Informasi dimuat dengan fakta (faktual).

3. Faktual berisi informasi yang ilmiah / ilmiah, misalnya seperti sains.

4. Ini informatif dan tidak mencoba mempengaruhi pembaca untuk dapat percaya pada hal-hal yang dibahas.

5. Memiliki / menggunakan spidol urutan. Misalnya, kedua, ketiga, dan sebagainya. Dapat juga menggunakan: Pertama, Berikutnya, Terakhir.


Struktur Teks Penjelasan

Pernyataan Umum: Berisi pernyataan umum tentang topik yang akan dijelaskan dalam proses proses / proses keberadaan.

Urutan penyebab kausal: mengandung penjelasan tentang proses terjadinya fenomena yang disajikan dalam rangka atau bertahap dari awal hingga akhir.

Interpretasi: Berisi kesimpulan dari topik yang dijelaskan.

Kaidah meletakkan teks penjelasan

- Fokus pada Umum (Generik), tidak berfokus pada peserta manusia (Peserta Nonhuman). Contoh: tsunami, banjir, gempa bumi, hujan, dan udara.

- Dimungkinkan untuk menggunakan istilah ilmiah. Lebih banyak menggunakan kata kerja bahan dan kata kerja relasional (kata kerja aktif).

- Menggunakan waktu dan konjungsi kausalitas. Misalnya: Jadi, pertama, jika, jika, sebelumnya, dan kemudian.

- Gunakan kalimat pasif.

- Penjelasan ditulis untuk membuat pembenaran bahwa sesuatu yang dijelaskan oleh kausal itu benar.


Langkah-langkah untuk Menyiapkan Teks Penjelasan

1. Tentukan topik yang menarik

Menentukan fenomena alam, sosial, atau budaya yang ingin disajikan. Misalnya, proses yang terjadi air laut pasang surut.

2. Buat desain skeleton teks

Buat kerangka kerja menulis berdasarkan struktur teks penjelasan, yaitu identifikasi fenomena, deskripsi peristiwa, dan ulasan.

3. Kumpulkan referensi

Masukkan fakta dan data yang Anda kumpulkan pada bagian penggambaran acara.

4. Kembangkan Teks

Kembangkan kerangka esai untuk menjadi teks penjelasan lengkap.

5. Edit Teks

Periksa dan baca kembali teks yang telah Anda buat. Edit jika ada kalimat yang tidak sesuai atau kesalahan secara tertulis.


Contoh teks penjelasan

Gerhana bulan


Eclipse bulan adalah salah satu fenomena alam yang sering kita temui. Eclipse bulan terjadi pada bagian atau keseluruhan penampang bulan yang ditutupi oleh bayangan Bumi. Itu terjadi jika bumi berada di antara matahari dan bulan dalam satu garis lurus lurus sehingga sinar matahari tidak dapat mencapai bulan karena diblokir oleh Bumi.


Sebenarnya, dalam insiden Eclipse, seringkali bulan masih bisa dilihat. Ini karena masih ada sinar matahari yang dibelokkan ke arah bulan oleh atmosfer Bumi dan sebagian besar sinar dibelokkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengertian, Ciri-ciri, Struktur, dan Contoh Teks Eksplanasi

Penjelasan teks adalah teks yang berisi proses mengapa dan bagaimana peristiwa alami, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, dan lainnya dapat te...